Kamis, 08 Maret 2012

Tips Perbaikan Laptop Dengan Tangan Sendiri


  • Hardware
Kini Laptop Komputer semakin banyak dipakai oleh para profesional dan semua pengguna komputer. Sebelumnya, sebuah komputer laptop yang digunakan oleh seorang profesional yang sedang bertugas. Tapi kini komputer laptop dengan cepat menjadi pilihan yang lebih disukai dari masing-masing pengguna komputer.

Alasan pilihan ini relatif sederhana. Sebuah laptop menempati ruang yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan komputer desktop. Laptop portabel karena mereka mudah dibawa-bawa, belum lagi kenyamanan penggunaan komputer laptop di mana semua aspek yang berbeda bersama-sama begitu mudah.
Mungkin karena kemudahan ini membuat laptop biasanya lebih mahal dibandingkan dengan desktop normal. Ini berarti, bahwa suku cadang juga sama mahalnya dan proses perbaikan juga relatif lebih rumit.
Perbaikan Komputer laptop Merupakan proses rumit yang membutuhkan bantuan layanan khusus dan Dukungan. Kebanyakan merek komputer laptop datang dengan garansi untuk suku cadang dan layanan serta Pemeliharaan yang terbatas. Idealnya, itu adalah hal terbaik untuk layanan Memanfaatkan garansi tersebut serta Pemeliharaan. Tetapi bagaimana bila masa garansinya telah habis.
Pertama-tama, mari kita pahami dasar bagian-bagian laptop yang sering terjadi masalah.
Sebuah laptop seperti sebuah buku catatan (mungkin mengapa mereka disebut sebagai ‘Notebook’) – ketika Anda membuka laptop, di satu sisi sebuah layar, dan di sisi lain adalah keyboard. Yang lain merupakan tombol dan soket yang membentuk komputer, terletak di bawah keyboard. Jadi, ketika Anda membuka sebuah komputer laptop untuk mulai bekerja, anda memiliki keyboard tepat di bawah jari-jari anda dan layar tepat di depan Anda, yang melekat pada tubuh komputer dengan sepasang engsel.
Sebelum anda melakukan Perbaikan
Sebelum Anda mulai memperbaiki laptop Anda atau mengganti bagian dari semua laptop Anda sendiri, Anda harus memiliki beberapa alat. antara lain :
  • Obeng Phillips (tipe 0).
  • Obeng Phillips (Type1).
  • Elektronik Grounding Body untuk mencegah elektronik statik dari tubuh kita yang akan menyebabkan kerusakan pada komponen.
  • Tang Hidung Panjang (Tang Buaya).
  • Pincet atau penjepit.
Sebelum Anda menggunakan obeng khusus untuk membuka tutup bagian laptop Anda, lihat dengan hati-hati. Sekrup laptop memiliki nomor, yang akan memberitahu Anda jenis obeng untuk digunakan. Hindari tempat yang mungkin terjadi lucutan listrik statis karena hal ini dapat merusak semua upaya perbaikan laptop Anda. Jauhkan semua sekrup di satu tempat, membuat catatan ketika Anda memeriksa semua konektor dan koneksi sebelum Anda melanjutkan ke bagian lainnya. Dan yang paling penting, matikan laptop sebelum Anda mencoba perbaikan apapun.

Sekarang mari kita lihat bagian dari laptop sering mengalami kerusakan dan membutuhkan layanan perbaikan.
1. Perbaikan Keyboard Laptop
Hal pertama, yang cukup umum, adalah keyboard. Keyboard laptop tidak boleh terkena cairan seperti air, teh, kopi, jus, bir atau anggur dll Jadi, ketika Anda menumpahkan cairan pada keyboard laptop Anda, Anda mendapatkan beberapa masalah. 9 kali dari 10 masalah sehingga Anda harus mengganti keyboard laptop.
Idealnya, dianjurkan untuk menjauhkan cangkir atau gelas yang berisi cairan dan cairan lainnya di dekat laptop Anda saat bekerja dengannya.
Namun, dalam kasus yang bila terjadi penumpahan cairan apa pun pada keyboard, hal terbaik untuk dilakukan adalah menonaktifkan laptop. Jangan mencoba membalikkan laptop dan mengguncang laptop agar cairan keluar. matikan Laptop Jika Anda harus memiringkan laptop, kemudian miringkan laptop ke arah sisi di mana terletak CD / DVD Player. menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan cairan tidak membantu – pengering rambut dapat melelehkan tombol keyboard karena panas.
Tergantung jumlah kerusakan yang ada, orang yang memperbaiki laptop Anda akan membebankan biaya untuk penggantian seluruh keyboard dan biaya perbaikan lainnya. Cara terbaik adalah membiarkan seorang ahli menangani hal ini.
Kebanyakan keyboard yang diikat oleh beberapa sekrup terhubung ke motherboard dengan konektor. menangani Konektor keyboard perlu sedikit hati-hati, bila anda ragu-ragu, jangan melakukannya sendiri, karena dapat menyebabkan masalah yang lebih besar pada motherboard,jika anda melepaskan hubungan keyboard secara sembarangan.
Jika beberapa tombol keyboard tidak berfungsi, Anda mungkin juga harus mengganti seluruh keyboard. Karena seluruh keyboard merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisah, sehingga bila rusak satu maka penggantian keyboard secara keseluruhan.
2. Memperbaiki Layar Laptop
Hal lain yang menjadi masalah pada laptop adalah layar Monitor. Ada banyak komplikasi dengan masalah ini. Oleh karena itu sangat penting untuk tahu persis di mana letak masalahnya sehingga dapat mengurangi biaya perbaikan layar laptop.
Sebuah layar laptop perlu diperbaiki bila Anda tidak dapat melihat tampilan atau terlihat hanya gambar yang samar pada layar laptop anda.
Sebuah layar laptop tampil dengan cahaya dari belakang, adalah neon tabung, sekitar sepersepuluh dari ukuran lampu neon rumah Anda. Tabung ini melekat pada papan sirkuit kecil dengan sebuah kabel. Papan rangkaian mirip dengan ‘starter’ dari neon. Papan sirkuit ini disebut Inverter. Diatur memberikan kekuasaan kepada Backlight untuk menerangi layar.
Sewaktu waktu bila anda tidak melihat adanya tampilan sama sekali, atau gambar yang sangat samar pada layar anda, ada masalah dengan Backlight Inverter. Yang harus Anda lakukan adalah menggantinya dan masalahnya selesai. Kebanyakan tukang service  meminta Anda untuk mengganti seluruh layar display LCD, yang akan menguras dana anda. Beberapa bahkan meminta Anda untuk mengganti motherboard dengan alasan kartu video telah rusak.
Salah satu cara untuk mengetahui bahwa kartu video anda rusak atau tidak rusak adalah dengan menghubungkan Port VGA laptop ke monitor eksternal dan bila ada tampilan gambar pada monitor eksternal tersebut berarti kartu video anda tidak rusak.
3. Memperbaiki Baterai Laptop
Baterai laptop yang tidak dapat mengeluarkan daya atau tegangan listrik. Mungkin anda pernah mendengar iklan yang berjanji untuk untuk memperbaiki kembali/rekondisi baterai laptop Anda sehingga sehingga baterai anda normal kembali seperti semula. Sebelum anda melakukannya, periksa garansi laptop anda, karena bila anda membongkar baterai anda sebelum habis masa garansi, maka masa garansi tersebut tidak berlaku lagi. Juga, kemungkinan apa yang dijanjikan oleh iklan tersebut tidak benar. Tindakan Terbaik di sini adalah untuk mengganti baterai dengan yang baru. Kebanyakan baterai laptop sangat mudah mencabut dan menggantinya.


  • Software
Tahukah anda bahwa gangguan pada komputer tidak saja disebabkan oleh kerusakan atau kesalahan teknis pada piranti keras dan piranti lunak. Virus dan Spyware adalah gangguan pada komputer yang disebabkan oleh pihak eksternal dengan tujuan yang beragam seperti untuk mencuri data-data anda, merusak hardware anda, menghapus file, menghilangkan fungsi tertentu, mengambil alih kontrol pada komputer anda dan lain sebagainya. Yang pasti sangat langka atau mungkin tidak ada virus dan spyware yang membawa kuntungan pada komputer yang terinfeksi.
Virus dan spyware komputer bisa menyerang komputer anda baik yang sering online maupun yang tidak pernah online ke internet sekalipun. Komputer yang dihubungkan dengan disket atau usb flash disk pun bisa tertular dari software yang diinstall apabila tidak hati-hati. Jika telah terinfeksi suatu virus atau spyware yang hanya aktif bila komputer terhubung dengan internet, maka si virus atau spyware akan aktif ketika komputer sedang online.
Berikut ini adalah berbagai tindak pencegahan dan perbaikan pada komputer yang terkena virus atau spyware baik yang ringan maupun yang tingkat berat.
A. Pencegahan Agar Komputer Terhindar Virus dan Spyware
  • Hati-hati pada Attachment Email Anda
    Jangan membuka file attachment pada email yang anda terima walaupun dari orang yang anda kenal jika attachment tersebut mengandung file program dengan extension atau akhiran .exe, .pif, .bat, dan lain sebagainya. Baca dengan telitiemail yang dikirim, apakah gaya e-mail sama dengan yang biasa dikirim. Terkadang email yang anda terima berasal dari orang sunda, tapi menggunakan bahasa inggris, rusia, cina, dll pada emailnya.
  • Pasang / Install Software Keamanan Yang Terbaru
    Pastikan komputer anda terinstall 3 jenis software keamanan utama dan terpasang dengan setting yang otomatis mengamankan komputer anda tanpa anda harus nyalakan terlebih dahulu. Mereka adalah anti virus untuk menangkal virus, anti spyware untuk menangkal spyware, dan firewall untuk menangkal serta memblokir serangan hacker serta koneksi dari luar. Untuk yang versi gratis dan bermutu bagus anda bisa menggunakan AVG antivirus untuk anti virus, Ad-Aware untuk antri spyware dan Zone Alarm untuk program firewall. Pastikan kesemuanya update / sudah terupdate dengan definition dan patch terbaru yang memperkecil peluang virus dan spyware varian baru melakukan infeksi pada komputer pc atau laptop anda. Jangan lupa pula untuk menjalankan scan pada komputer anda secara berkala untuk membunuh virus dan spyware yang baru menginfeksi.
  • Jangan Gegabah Menginstall Software
    Hati-hati terhadap software yang anda isntall baik yang anda beli dari cd bajakan di toko-toko cd, dari download di internet, dari teman, dan lain sebagainya. Virus maupun spyware bisa saja bersembunyi pada program yang anda pasang tanpa anda sadari. Biasakanlah untuk membackup semua file penting anda secara berkala pada flash drive, cd atau dvd agar bila terjadi sesuatu hal yang fatal anda tidak akan kehilangan data anda.
  • Awasi User / Orang Lain Yang Memakai Komputer Anda
    Jika komputer anda dipakai oleh orang lain, pastikan dia tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan komputer anda. Anda dapat membuat account khusus untuk tamu / guest dengan batasan-batasan tertentu yang anda dapat seting sendiri. Seseorang yang mungkin tidak anda duga bisa saja menginstall program, mencolokkan usb atau memasukkan disket yang mengandung virus atau spyware. Bahkan bisa juga memasang dengan sengajasoftware mata-mata untuk merekam segala aktifitas anda dan password yang biasa anda gunakan.
  • Waspada Selalu
    Jika anda merasa bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada komputer anda segera putuskan dan cabut sambungan ke koneksi internet ataupun jaringan network lan. Kemudian jalankananti virus , anti spyware dan cek firewall apakah sudah berjalan dengan baik dan semestinya. Apabila anda mendapatkan pertanyaan untuk menginstallsoftware dari situs yang tidak jelas tolaklah mentah-mentah. Ikuti perkembangan update patch atau tambalan lubang keamanan pada setiap software yang terpasang dan mendapatkan access internet pada program firewall anda.
B. Perbaikan Komputer Yang Terinfeksi Virus dan Spyware
  • Matikan Internet dan File Sharing Jaringan Network
    Jika komputer anda terhubung dengan jaringan lokal atau internet segera putuskan dan cabut bila perlu untuk memastikan 100% anda benar-benar tidak terkoneksi. Terkadang virus dan spyware memanipulasi komputer anda sehingga seolah-olah anda sudah tidak terhubung lagi dengan jaringan luar.
  • Update dan Scan
    Langkah pertama untuk perbaikan jika anda merasa ragu-ragu ataupun merasa yakin bahwa komputer anda terserang virs atau spyware adalah melakukan update. Update dapat dilakukan baik melalui download www.organisasi.org internet maupun secara offline jika anda memiliki filenya dari orang lain. Setelah terupdate dengan definition yang baru maka anda sebaiknya langsung melakukan scanning untuk segera menyingkirkan virus yang ditemukan.
  • Aktif Pada Komunitas Mailing List / Forum Tentang Keamanan Komputer
    Semakin anda banyak bergabung dengan komunitas komputer, maka semakin banyak orang yang akan membantu anda jika anda sedang dalam masalah. Jangan takut dan ragu untuk menanyakan masalah yang anda hadapi biarpun masalah itu sepele. Gunakan nama samaran jika perlu. Di luar sana terdapat banyak orang yang mungkin pernah mengalami hal yang sama dengan anda. Di samping itu anda mungkin akan mendapatkan tips jalan pintas, solusi, saran, dan sebagainya dari komunitas tersebut. Biasanya virus dan spyware yang terbaru juga dibahas pada komunitas tersebut.
  • Format Harddisk Jika Tidak Ada Jalan Keluar
    Jika semua cara telah anda jalani dan tidak ada yang memberikan solusi yang memuaskan anda dapat mengambil jalan pintas terakhir, yaitu dengan memformat ulang hard disk anda. Pastikan data yang penting bagi anda sudah ada cadangannya pada medium lain yang tidak terinfeksi virus, spywre serta program jahat lainnya. Kemudian format hard drive anda dan install os dan prgram aplikasi yang biasa anda pakai. Setelah semua ok, maka copy kembali file-file penting anda pada komputer yang fresh tersebut.
  • Belajar Dari Kesalahan
    Buka mata anda ketika menghadapi suatu persoalan dan pelajari dengan baik, karena tidak menutup kemungkinan bahwa persoalan yang sama akan timbul dengan kuantitas yang lebih besar. Belajar tidak hanya dari masalah anda sendiri tetapi juga masalah orang lain bahkan yang anda tidak kenal sekali pun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar