Kamis, 08 Maret 2012

Internet dan Kecepatan Akses Internet

Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Internet ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.


Didalam kecepatan akses internet sangatlah perlu bagi kita sendiri Mengirim e-mail misalnya, kita kirim dalam bentuk data teks dan Contoh lain, jika kita membuka sebuah halaman web, maka sebenarnya kita sedang mengirimkan halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya. Kemudian komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.

Cepat lambatnya perpindahan data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang Anda gunakan. Kecepatan transfer data dinyatakan dalam bits per second (bps), artinya berapa bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam tiap detiknya.

Ada beberapa komponen yang menentukan hal dalam kecepatan transfer data, antara lain:

1. Bandwidth
    Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer.

2. Server Proxy
    Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy,   pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat.
3. Backbone
    Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet.
4. Keamanan Data
5. Layanan yang Diberikan
6. Teknologi yang Digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar